Friday, May 18, 2012

"It's Tummy time...", Saatnya Bermain Sambil Tengkurap


American Academy of Pediatrics (AAP) sukses mengkampanyekan posisi paling aman untuk tidur bayi adalah terlentang. Rekomendasi yang mulai diluncurkan tahun 1992 ini berhasil menurunkan angka Sudden Infant Death Sundrome (SIDS) sampai di bawah 50%. Namun muncul efek tidak terduga dibalik rekomendasi ini, yaitu belakang kepala bayi menjadi datar, atau bentuk kepala bayi tidak simetris. Meskipun belum ada statistik yang menunjukkan angka-angka signifikan, tapi beberapa dokter ahli bedah saraf pediatrik menduga ini ada hubungannya dengan bayi yang menghabiskan waktunya dalam posisi terlentang terlalu lama.

Untuk mengatasi hal ini, disarankan bayi untuk menghabiskan waktu bermain dengan tengkurap dan bertumpu pada perutnya, atau disebut "tummy time" seperti yang dikutip dari webmd.com.

Apa saja keuntungan dari tummy time?

Tummy time memiliki banyak manfaat dalam melatih kemampuan motorik bayi, diantaranya:
  • Melatih bayi untuk mengangkat kepalanya. Hal ini akan membuat otot leher dan pundaknya kuat. Otot-otot ini akan diperlukan nantinya untuk berguling, duduk, dan merangkak.
  • Melatih bayi untuk menggerakkan kepalanya, memutarnya dan menjaganya agar tetap tegak sebagai respon terhadap sekelilingnya. 
  • Merangsang kemampuan bayi untuk menjaga keseimbangan tubuh dan menggunakan tangannya untuk meraih sesuatu
  • Dengan posisi tengkurap, akan membantu kepala bayi terbentuk sempurna. 
  • Dengan posisi tengkurap, bayi akan melihat sekitarnya dari sudut pandang berbeda.


Kapan tummy time bisa dimulai?

Tummy time bisa saja dimulai sejak bayi lahir, yaitu saat melakukan inisiasi menyusui dini, dengan berbaring tengkurap di dada bunda. Satu hal yang menunda Bunda untuk memulai tummy time adalah menunggu tali pusar copot, agar bayi nyaman saat tengkurap. Beberapa dokter menyarankan untuk menghabiskan waktu sekitar 30 menit dalam sehari untuk tummy time. Seandainya bayi Bunda belum menyukai posisi tengkurap sehingga menjadi rewel dan menangis, Bunda bisa membagi 30 menit dalam beberapa sesi, misalkan hanya 5 menit, tetapi 4-6 kali dalam sehari. Namun jika masih rewel, bunda jangan memaksanya. Bunda dapat mencobanya lain waktu.

Salah satu cara membuat tummy time menjadi menarik bagi bayi adalah Bunda juga ikutan berada pada posisi ketinggian yang sama dengan bayi, dalam artian, Bunda ikutan tengkurap atau tiduran. Hal ini akan membuat bayi tidak merasa sendirian.

No comments:

Post a Comment